Aktivitas Di Roma Sehubungan Dengan Beatifikasi Alvaro del Portillo

Dari 29 September hingga 2 Oktober, para peziarah yang datang ke Roma akan dapat berdoa secara langsung di depan jasad seorang kudus yang baru. Dua Basilika Roma akan menggelar serangkaian Misa Syukur.

Beatus Álvaro del Portillo, Uskup
Opus Dei - Aktivitas Di Roma Sehubungan Dengan Beatifikasi Alvaro del Portillo

Uskup Alvaro del Portillo, penerus pertama Santo Josemaria Escriva de Balaguer sebagai pemimpinOpus Dei, akan dibeatifikasi di Madrid, kota kelahirannya, pada 27 September mendatang. Menurut perkiraan awal, sejumlah 100 ribu orang dari 60 negara diharapkan akan berpartisipasi. Informasi beatifikasi dapat diperoleh dari www.alvarodelpotillo.org dan www.alvaro14.org

Komisi penyelenggara untuk beatifikasi hari ini telah menerbitkan daftar kegiatan yang direncanakan akan diadakan di Roma, di mana Uskup del Portillo hidup dari tahun 1943 sampai meninggalnya pada tahun 1994, dan di mana jenasahnya beristirahat di ruang bawah tanah Gereja prelat Ratu Pecinta Damai (di Viale Bruno Buozzi, 75, Roma).

Menurut juru bicara untuk kegiatan di Roma sehubungan dengan beatifikasi, Mara Celani, selama beberapa hari setelah beatifikasi sejumlah orang yang berpartisipasi di Madrid akan bertolak ke Roma. “Kami mendapatkan berbagaipermintaan,” kata Celani, “dari orang-orang muda maupun tua, yang oleh karena beatifikasi, ingin datang pada ziarah rohani ke kota Santo Petrus dan berdoa di depan jenasah yang baru terberkati itu.” Celani menambahkan, “Banyak keluarga di Roma telah menyampaikan kepada kami bahwa mereka siap untuk menyambut para peziarah dari Afrika, Asia, Amerika, dan Oceania di rumah mereka.”

Program Kegiatan dari 29 September sampai 2 Oktober

Dari tanggal 29 September sampai 2 Oktober, para peziarah yang datang ke Roma akan dapat mengunjungi Basilika Santo Eugene (di Viale delle Belle Arti 10), di mana jenasah yang baru terberkati akan ditempatkan pada periode waktu tertentu yang memungkinkan para umat beriman untuk berdoa di dekatnya. Jenasah tersebut akan dipindahkan dari Gereja prelat Ratu Pecinta Damai ke Basilika Santo Eugene pada Senin 29 September pukul enam petang.

Selama hari-hari yang sama tersebut, di teras di sebelah basilika akan ada pameran bagi para peziarah tentang kehidupan orang yang baru terberkati itu dan bermacam-macam aktivitas sosial maupun edukasional yang beliau adakan di negara-negara yang berbeda. Akan ada pula koleksi bantuan dari tiga proyek kepedulian terhadap wanita dan bayi yang dimulai atas keinginan Uskup del Portillo, di Nigeria, Pantai Gading, dan Republik Demokrasi Kongo dan juga tentang dana beasiswa untuk para imam Afrika yang menempuh studi di Roma (http://www.harambee-africa.org/en.html/).

Pada Selasa 30 September dua Misa Kudus sebagai ungkapan syukur akan dirayakan, satu di Basilika Santo Yohanes Lateran (pukul 11 siang) dan satu lagi di Basilika Santa Maria Maggiore (pukul 4.30 petang). Selebran-selebran utama pada misa ini adalah Kardinal Agostino Vallini, Vikaris Jenderal Yang Mulia untuk keuskupan Roma dan Kardinal Santos Abril y Castello, Uskup Agung Basilika Santa Maria Maggiore.

Pada Rabu 1 Oktober, pukul 10 pagi, para umat beriman dapat menghadiri Audiensi Umum dengan Paus Fransiskus di St. Peter Square, untuk menunjukkan rasa syukur untuk beatifikasi dan kesatuan mereka dengan Bapa Suci.

Akhirnya, pada Kamis 2 Oktober pukul lima sore di Basilika Santo Eugene akan diadakan pentahtaan Sakramen Mahakudus dan juga pemberkatan bersamaan dengan dihadirkannya relikui dari Alvaro yang terberkati. Setelah itu, jenasah akan dipindahkan kembali ke Gereja prelat Ratu Pecinta Damai.

Celani menjelaskan bahwa beberapa kegiatan akan dapat diikuti secara langsung, melalui streaming, di internet, berkat sejumlah sukarelawan yang diantaranya adalah mahasiswa dan staf Fakultas Komunikasi Universitas Kepausan Salib Suci. Informasi ini akan diperbarui di www.alvarodelportillo.org.

Informasi lebih lanjut tentang Alvaro del Portillo dan latar belakang kanonisasi dapat diperoleh di www.alvarodelportillo.org.

Komite penyelenggara

Mara Celani

maracelani@gmail.com

Kantor informasi Opus Dei di Roma

Manuel Sanchez – Bruno Mastroianni

Via dei Farnese 91/a, 00186 Rome

e-mail: international@opusdei.org

mobile: +39 3334788131

tel.: +39 06 686 75 22