Anggota Opus Dei

Opus Dei memiliki sekitar 87.000 anggota, pria dan wanita; 98% dari anggota adalah kaum awam, kebanyakan menikah. 2% dari para anggota adalah imam, yang berasal dari anggota awam Prelatur.

Anggota-anggota

Kaum awam dan imam

Opus Dei terdiri dari seorang Prelat, presbiterat ( himpunan imam) tersendiri, dan kaum awam, baik wanita maupun pria. Tidak ada perbedaan kategori di antara anggota-anggota Opus Dei. Perbedaan yang ada hanyalah dalam cara penghayatan panggilan Kristiani yang sama, sesuai dengan corak kehidupan setiap anggota : menikah atau lajang, sehat atau sakit, dll.

Kebanyakan anggota-anggotaPrelatur (sekitar 70% dari seluruh anggota) adalah supernumerari. Pada umumnya mereka adalah pria atau wanita yang menikah. Bagi mereka penyucian kehidupan berkeluarga adalah bagian paling penting dari kehidupan Kristiani mereka. 

Anggota-anggota Prelatur lainnya adalah pria dan wanita yang memiliki komitmen untuk hidup selibat dengan motivasi apostolik. Assosiat adalah anggota selibatyang   tinggal bersama keluarga mereka, atau di tempat lain yang cocok dengan pekerjaan mereka. Numerari adalah anggota selibat biasanya tinggal di centre Opus Dei, dan selalu bersedia untuk menangani karya kerasulan dan pembinaan bagi para anggota Prelatur lainnya. Assistan Numerari anggota selibat yang mengabdikan diri terutama untuk mengurus rumah tangga center-center   Prelatur. Bagi mereka pekerjaan ini adalah pekerjaan  profesional mereka. 

Para imam Prelatur berasal dari anggota awam Opus Dei: anggota numerari dan asosiat yang secara bebas memilih untuk menjadi imam dan, setelah bertahun-tahun hidup sebagai anggota Prelatur dan telah menyelesaikan pendidikan yang diperlukan untuk imamat, mereka diundang oleh Prelat untuk menerima Pentahbisan. Pelayanan pastoral utama mereka adalah melayani umat Prelatur dan kegiatan apostolik yang diselenggarakan oleh umat Prelatur.

Semangat Kekeluargaan

Suatu ciri karakteristik dari Opus Dei adalah semangat kekeluargaan Kristiani, yang ada dalam semua kegiatan Prelatur. Semangat ini  terlihat dengan jelas pada suasana kekeluargaan yang hangat di center-center Prelatur, dalam hubungan antara para anggota yang polos dan saling mempercayai , dalam kesedian untuk saling membantu, memahami, dan usaha untuk tampil dengan ramah dan baik dalam kehidupan sehari-hari.

Distribusi Keanggotaan

Prelatur terdiri lebih dari 87.000 orang, di antaranya sekitar 1.900 adalah imam. Jumlah dari pria kira-kira sama dengan jumlah wanita. 

Distribusi geografis adalah  sebagai berikut:

Afrika                             2.000

Asia dan Pasifik               5.000

Amerika                       30.000

Eropa                            50.000