Bagaimana menjadi opus dei

Keanggotaan menciptakan suatu komitmen untuk menerima pembinaan rohani yang diberikan oleh Opus Dei dan mengambil bagian dalam misinya.

Anggota-anggota

Suatu Panggilan "sekuler"

Bergabung dengan Opus Dei memerlukan panggilan adikodrati yaitu panggilan pribadi dari Tuhan untuk mengabdikan seluruh hidup seseorang kepada-Nya , menyebarkan pesan tentang panggilan umum untuk mencari kesucian dalam pekerjaan sehari-hari dan dalam kehidupan sosial.

Anggota Opus Dei adalah seorang warganegara biasa dan juga seorang umat Katolik seperti umat Katolik lainnya. Umat Prelatur Opus Dei bergabung melalui suatu komitmen berdasarkan kontrak, bukan melalui kaul. Para anggotanya adalah umat biasa di keuskupan masing-masing. Mereka memiliki kebebasan untuk aktif dalam bidang sosial dan politik sama seperti umat Katolik lainnya.

Setelah menjadi anggota Opus Dei, seseorang tetap melaksanakan pekerjaan yang sama dan hidup dalam lingkungan sosial sama juga seperti sebelum menjadi anggota. Umat Prelatur Opus Dei tidak hidup terpisah dari warnagera lainnya. Mereka menjadikan pekerjaan dan hubungan sosial sebagai jalan untuk mendekatkan diri  kepada Allah dan untuk membantu orang lain untuk menjadi dekat dengan Allah.

Opus Dei menekankan tanggung jawab setiap anggota untuk mencari kekudusan diri dan untuk membantu orang lain mencapai kekudusan melalui semua  situasi hidup yang umum,  tanpa mengharapkan adanya situasi-situasi istimewa untuk menghayati kehidupan iman. Sebagai warga negara biasa dan sebagai orang Katolik, anggota Opus Dei menghayati panggilannya dengan segala kewajaran, tanpa berkoar-koar tapi sekali gus tidak juga menyembunyikan kenyataan bahwa mereka adalah anggota Prelatur. Corak kehidupan sehari-hari dan upaya merasul mereka harus mencerminkan komitmen pengabdian  kepada Allah.

Para anggota Opus Dei mengambil bagian dalam program pembinaan spiritual, doktrinal dan kerasulan yang disesuaikan dengan keadaan dan kebutuhan mereka.

Komitmen

Para anggota Opus Dei mengambil bagian dalam program pembinaan spiritual, doktrinal dan kerasulan  yang disesuaikan dengan keadaan dan kebutuhan mereka. Pendidikan dalam ilmu filsafat dan teologi diberikan menurut pedoman yang ditetapkan oleh Gereja Katolik.

Komitmen itu mencakup suatu program kehidupan rohani yang berpusat pada Misa harian, Komuni Kudus dan sering menerima Sakramen Pertobatan, serta membaca Kitab Suci dan tulisan-tulisan spiritual lainnya, berdoa Rosario, dan menyisihkan waktu untuk doa pribadi. Dengan hidup yang penuh dengan  suka cita dan pengabdian kepada Allah dan sesama, mereka merangkul salib Kristus yang tersembunyi di dalam menghadapi tantangan kehidupan sehari-hari. Umat Prelatur juga berusaha untuk melaksanakan tugas khas bagi semua umat Kristiani untuk mewartakan Injil secara efektif kepada orang di sekitar mereka. Tanggung jawab merasul ini adalah bagian hakiki panggilan Kristiani, dengan demikian hal ini juga merupakan bagian dari hakikat panggilan Opus Dei.

Opus Dei mendorong anggota-anggotanya untuk memenuhi komitmen ini dengan penuh kebebasan.

Menjadi Anggota Prelatur Opus Dei

Untuk menjadi anggota  Opus Dei seseorang harus mengajukan permintaan dengan penuh kebebasan  untuk bergabung, terdorong oleh keyakinan pribadi bahwa ia telah memiliki panggilan ilahi untuk itu. Panggilan ini adalah suatu bentuk khusus dari panggilan umum Kristiani yang telah diterima di Sakramen Pembaptisan. Dan panggilan ini membawa mereka untuk mencari kesucian dan berpartisipasi dalam misi Gereja sesuai dengan semangat Allah yang mengilhami Santo Josemaria .

Permintaan tsb. dibuat secara tertulis. Permintaan ini membutuhkan ‘penerimaan’ dari pihak berwenang dari Prelatur , yang akan diberikan dalam jangka waktu minimal enam bulan . Setelah itu dalam waktu  setidaknya satu tahun lagi, seseorang dapat bergabung secara sementara  dengan Prelatur melalui deklarasi formal yang bersifat kontrak, yang dapat diperpanjang setiap tahun. Sesuai dengan Hukum Kanonik, tak seorang pun dapat bergabung dengan Prelatur secara sah sebelum mencapai usia 18 tahun. Setelah minimal lima tahun berlalu, penggabungan dapat menjadi definitif (yaitu, pada usia minimal 23).

Menggabungkan diri dengan Opus Dei berarti, dari pihak Prelatur ada komitmen untuk memberikan pembinaan secara berkesinambungan dalam  iman Katolik dan semangat Opus Dei kepada orang yang bersangkutan, serta menyediakan pelayanan pastoral seperlunya yang dijalankan oleh imam-imam Prelatur. Di pihak orang yang bergabung, adanya komitmen untuk hidup taat akan kekuasan hukum Prelat Opus Dei dalam hal yang menyangkut tujuan Prelatur dan menuruti semua norma-norma Prelatur. Ikatan dengan Prelatur berakhir bila jangka waktu kontrak dengan Prelatur habis, atau sebelumnya, jika seseorang mengajukan permohonan untuk mrngundurkan diri, dengan persetujuan dari Prelatur. Keluar dari Prelatur mengakibatkan hilangnya hak dan kewajiban dari kedua belah pihak.