Biografi

Bapa Prelat memimpin Opus Dei dalam mewartakan panggilan universal menuju kesucian hidup dan mendorong karya kerasulan para umat Prelatur Opus Dei.

Biografi
Opus Dei - Biografi

Uskup Echevarria, Prelat Opus Dei, yang sekarang ini lahir di Madrid pada tanggal 14 Juni 1932.

Uskup Echevarria adalah doktor dalam hukum sipil dan hukum kanonik. Beliau bekerja dengan St Josemaría sebagai sekretaris pribadinya dari tahun 1953 sampai wafatnya St Josemaría pada tahun 1975. Beliau ditahbiskan sebagai imam pada tanggal 7 Agustus 1955, dan menjadi anggota Dewan Pusat Opus Dei pada tahun 1966.

Pada tahun 1975, ketika Alvaro del Portillo menjadi pengganti St Josemaría sebagai pempinan Opus Dei, Uskup Echevarria ditunjuk sebagai sekretaris jenderal, jabatan yang sampai pada saat itu di pegang oleh Alvaro del Portillo. Pada tahun 1982, ketika Opus Dei ditetapkan sebagai Prelatur Pribadi, Uskup Echevarria ditunjuk menjadi Vikaris Jenderalnya.

Uskup Echevarria adalah anggota dari Kongregasi Penggelaran Kudus dan Supremum Tribunale Signaturae Apostolicae, dan penasihat untuk Kongregasi untuk para Klerus. Dia berpartisipasi dalam Majelis Umum Sinode Para Uskup untuk Amerika (1997) dan Eropa (1999) dan dalam Majelis Umum biasa tahun 2001 dan 2005.

Beliau dipilih dan ditunjuk oleh Yohanes Paulus II sebagai Prelat Opus Dei pada tanggal 20 April 1994. Bapa Paus menahbiskan beliau menjadi uskup pada tanggal 6 Januari 1995, di Basilika Santo Petrus.

Uskup Echevarria telah menulis beberapa buku rohani seperti misalnya, "Memoria del Beato Josemaría" ( Mengenang Beato Josemaría) "Itinerarios de Vida Cristiana" (Perjalanan Hidup Kristiani) "Para Servir a la Iglesia" ( Untuk Melayani Gereja)" "Getsemani" (Getsemani) dan "Eucaristia y Vida Cristiana." (Ekaristi dan Hidup Kristiani).