Kooperator

Mereka yang ingin turut berkarya bersama Opus Dei tanpa menjadi anggota dapat menjadi Kooperator.

Para Kooperator

Kooperator Opus Dei adalah pria maupun wanita - Katolik dan non-Katolik - yang bukan anggota Prelatur Opus Dei, tetapi bekerja sama dengan para anggota Prelatur dalam kegiatan-kegiatan di berbagai bidang pendidikan, amal dan kebudayaan.

Kontribusi mereka yang utama bagi segala kegiatan tersebut adalah doa. Namun mereka juga dapat membantu dengan tenaga atau dana. Mereka menerima anugerah rohani dari Gereja, yang diberikan kepada semua yang mendukung karya Prelatur Opus Dei. Anugerah-anugerah tersebut antara lain adalah indulgensi yang dapat diperoleh Kooperator Opus Dei – sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan oleh Gereja - pada hari-hari tertentu dan juga setiap saat bila mereka karena devosi memperbarui kewajiban mereka sebagai Kooperator. Mereka juga menerima bantuan rohani berupa doa-doa yang didaraskan oleh anggota-anggota Opus Dei. 

Untuk menjadi kooperator Opus Dei, tidak diperlukan suatu panggilan khusus. Kooperator biasanya berasal dari kalangan keluarga, teman-teman, kolega dan tetangga anggota-anggota Opus Dei, dan juga dari mereka yang mempunyai devosi kepada Santo Josemaría, mereka yang mengambil bagian dalam karya kerasulan Prelatur Opus Dei, atau mereka yang tertarik oleh kegiatan-kegiatan dalam bidang pendidikan dan sosial yang dilaksanakan atas prakarsa apostolik para anggota Prelatur Opus Dei. Untuk menjadi seorang Kooperator tidak perlu menjadi seorang Katolik. Para Vikar Opus Dei di setiap negara bisa mengangkat seseorang menjadi Kooperator setelah menerima usul dari anggota Opus Dei.

Para Kooperator yang berminat dapat turut dalam pembinaan yang diselenggarakan oleh Prelatur. Pembinaan ini membantu mereka untuk menperdalam kehidupan rohani mereka, mencintai dan mendukung Sri Paus dan para Uskup, dan untuk memberi kesaksian atas panggilan hidup Kristiani secara pribadi, tanpa bertindak sebagai satu kelompok.

Banyak orang lain yang juga menemukan salah satu ciri-ciri khas spiritualitas Opus Dei dan menyebarkan kepada orang-orang hidup di sekitar mereka: yaitu menyucikan pekerjaan sehari-hari, kehidupan berkeluarga dan kehidupan sosial mereka.

Tarekat Religius sebagai komunitas dapat juga ditunjuk sebagai Kooperator Opus Dei. Dukungan mereka (yang saat ini berjumlah sekitar 500 komunitas ) mendoakan setiap hari karya-karya Prelatur.