Pernyataan dari Kantor Pers Opus Dei tentang Society of Saint Pius X (SSPX)

Bila SSPX memperoleh pemulihan persatuan penuh dengan Tahta Suci maka ini akan merupakan sebuah sukacita besar bagi kita semua.

Dari Prelatur Opus Dei

Sehubungan dengan bentuk jurudis yang diusulkan Tahta Suci kepada SSPX, adalah penting untuk diingat bahwa bentuk kanonik dari sebuah  prelature pribadi  itu sangat luas dan realitasnya nanti bisa berbeda. Pada umumnya prelature pribadi  terdiri atas Prelat, Klerus dan Umat yang akan tetap taat dan menjadi anggota keuskupan setempat di mana dia tinggal berdomisili. Karenanya, tidaklah mengejutkan bahwa solusi untuk mencapai pemulihan persatuan  ini dipilih bagi SSPX.

Fleksibilitas dari bentuk juridis ini menjelaskan bagaimana sebuah kerangka prelatur peibadi ini dapat merangkul dua entitas yang berbeda: Opus Dei, yang misi pelayanan khususnya adalah membina dan mengembangkan persatuan dengan Allah di tengah-tengah dunia dan kesaksian hidup para umat Allah, terutama lewat pengudusan pekerjaan dan kehidupan berkeluarga, dan juga sebuah prelatur baru yang mungkin dibentuk ini; yang diharapkan memberikan sebuah yurisdiksi yang lebih umum lagi kepada umat beriman untuk pelayanan berbagai Sakramen Gereja menurut aturan-aturan liturgi sebelum reformasi yang dikeluarkan Paus Paulus VI.

Setidaknya, kami bersyukur kepada Allah atas usaha Bapa Suci Paus Benediktus XVI untuk memperjuangkan pemulihan persatuan ini.

( Kantor PersPersonal Prelatur Opus Dei, Roma, 14 Juni 2012)