Usulan Kanonisasi bagi Eduardo Ortíz de Landázuri dan istrinya Laura Busca.

Berita tentang usulan Kanonisasi Dr Eduardo Ortíz de Landázuri sekarang tersedia dalam bahasa Indonesia. Pda 14 Juni 2013, Uskup Agung Pamplona mengusulkan Kanonisasi istri dari Eduardo Ortíz de Landázuri: Laura Busca.

Dari Prelatur Opus Dei

Usulan Kanonisasi Eduardo Ortíz de Landázuri telah dinyatakan tahun 1998 yang lalu. Dia adalah seorang dokter ternama sekaligus dosen universitas di Spanyol. Dia juga yang membantu berdirinya Rumah Sakit Universitas Navarra di Pamplona.

Selama perang sipil Spanyol (1936-1939) , ayahnya dijatuhi hukuman mati oleh pemerintahan anti Katolik di sana. Dia dan ibunya serta saudarinya menghabiskan malam terakhir bersama ayahnya sebelum keesokan harinya sang ayah harus menghadapi regu tembak. Peristiwa ini menyebabkan perubahan mendalam pada kehidupan Eduardo dan dia berjuang terus-menerus untuk mendekatkan diri kepada Allah.

Informasi tentang usulan Kanonisasi terhadap Dr Eduardo bisa dilihat di sini.

Eduardo Ortíz de Landázuri (1910-1985) bertemu dengan istrinya Laura Busca (1913-2000) di tahun 1935 ketika keduanya bekerja di rumah sakit Kerajaan di Madrid. Laura termasuk wanita pertama di masanya yang belajar farmakologi di Universitas Spanyol tsb.

Karena tahun-tahun peperangan tsb, mereka belum bisa menikah sampai tahun 1941. Akhirnya mereka memiliki 7 orang anak, mereka berjuang membuat keluarga mereka menjadi sebuah keluarga yang ‘riang gembira’, seperti yang selalu diharapkan oleh St Josemaria kepada para anggota Opus Dei.

Dia biasa dipanggil Laurita oleh mereka yang mengenal baik dirinya, kehidupan Laura penuh dengan penyerahan diri luar biasa dalam merawat suami dan anak-anak mereka. Bagi banyak orang lainnya, kehidupan Laura sungguh memberi mereka kekuatan lewat kesalehan hidupnya dan kasihnya yang dalam kepada Allah. Laura minta bergabung menjadi anggota Opus Dei pada 8 Januari 1953.

Sejak tahun 1950an Laura menderita sakit punggung yang parah. Dia menanggungnya dengan tabah dan penuh penerimaan atas kehendak Allah ini. Pada 11 Desember 1998, dia merasa gembira dapat menghadiri, di Pamplona, dimulainya proses penelitian oleh Keuskupan Pamplona mengenai berbagai perilaku kesalehan yang pernah dihidupi suaminya, Eduardo. Ini adalah langkah awal dari proses beatifikasi suaminya. Laura meninggal di Pamplona, dengan mempraktekkan kesucian diri selama hidupnya, pada 11 Oktober 2000.

Informasi tentang usulan Kanonisasi Laura Busca tersedia di sini.

Juga galeri foto tentang kehidupan Laura Busca bisa dilihat di sini.

Dengan dimulainya proses beatifikasi Laura Busca ini, artinya saat ini telah ada 12 orang anggota Personal Prelatur Opus Dei yang telah dimulai proses kanonisasinya. Selain suaminya: Eduardo Ortíz de Landázuri dan juga adik iparnya yang wanita: Guadalupe Ortiz de Landázuri, yang lainnya adalah: Uskup Alvaro del Portillo (telah dinyatakan ‘Venerable’ oleh Benediktus XVI pada 28 Juni 2012), Isidoro Zorzano, Montse Grases, Ernesto Cofiño, Fr José María Hernández Garnica, Toni Zweifel, Tomás Alvira dan istrinya Paquita Domínguez, Encarnita Ortega, Fr Joseph Múzquiz (yang proses usulan kanonisasinya telah dimulai di Keuskupan Agung Boston) dan juga Dora del Hoyo (Numerary Assistant pertama di Opus Dei).