Biografi Alvaro del Portillo

Biografi singkat Beatus Alvaro del Portillo, Uskup, Mantan Prelat Opus Dei

home

Beato Alvaro del Portillo lahir di Madrid (Spanyol) pada tanggal 11 Maret 1914, dari keluarga Katolik yang besar dan saleh. Selain lulus menjadi PNS Pekerjaan Umum, Beato Alvaro juga memperoleh gelar doktor di bidang Teknik Sipil, Filsafat dan Hukum Kanonik.


Pada tahun 1935 Alvaro del Portillo bergabung dengan Opus Dei. Ia menghayati panggilannya dengan penuh kesetiaan dalam pekerjaan dan tugas sehari-hari dan dalam membantu para rekan mahasiswa dan pekerja serta banyak orang lain untuk menjadi lebih dekat dengan Tuhan.

Sesudah ditahbiskan sebagai imam di tahun 1944, ia mengabdikan diri sepenuhnya pada pelayanan pastoral. Pada tahun 1946 ia pindah ke Roma. Pelayanannya dalam Gereja juga ditandai oleh dedikasinya pada begitu banyak tugas yang dipercayakan oleh Takhta Suci, khususnya dalam Konsili Vatikan II. Pada tanggal 15 September 1975 ia menjadi penerus pertama dari St Josemaria Escriva sebagai pemimpin Opus Dei.

Pada tanggal 28 November 1982, Paus Yohanes Paulus II menetapkan Opus Dei sebagai suatu Prelatur Pribadi, yang terdiri dari umat awam dan para imam sekulir, dan menunjuk Beato Alvaro sebagai Prelat Opus Dei. Di tahun 1991 Bapa Paus menahbiskan Beato Alvaro menjadi uskup. Kepemimpinan Beato Alvaro dalam Opus Dei memiliki ciri-ciri khas, yaitu persatuan yang mendalam dengan Bapa Paus dan Uskup-uskup lain, kesetiaan penuh kepada St Josemaría dan pesannya serta semangat pelayanan yang tak pernah padam.

Dini hari tanggal 23 Maret 1994 Tuhan memanggil hamba-Nya yang baik dan setia ini kepada-Nya, hanya beberapa jam setelah Beato Alvaro kembali dari perjalanan ziarah ke Tanah Suci, di mana dengan penuh kesalehan, ia menapak tilas hidup Tuhan Yesus di tanah itu. Pada hari itu juga Paus Yohanes Paulus II datang untuk berdoa di hadapan jenazah Beato Alvaro, yang kini disemayamkan di kripta (ruang bawah tanah) Gereja Prelatura, Santa Maria Pencinta Damai di Via Bruno Buozzi 75 Roma.

Uskup Alvaro del Portillo dinyatakan sebagai beato pada tanggal 27 September 2014.