Dibawah inspirasi ajaran Santo Josemaria

Orang dapat membantu memperbaiki masyarakat melalui pekerjaan sehari-hari mereka.

Karya Sosial

Proyek pelayanan sosial dan pendidikan

Santo Josemaria melihat bahwa bekerja itu tidak saja untuk mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan hidup, juga bukan hanya suatu sarana produksi atau sarana untuk mencapai apa yang dicita-citakan. Pekerjaan seseorang adalah lebih dari semua itu: pekerjaan adalah suatu tempat pertemuan dengan Tuhan serta suatu sarana untuk melayani sesama. Pengertian ini telah memberi inspirasi kepada beribu-ribu pria dan wanita untuk bekerja dengan tujuan membawa kesejahteraan spiritual dan material kepada sesama.

Terdorong oleh ajaran ini banyak proyek yang didirikan secara profesional

untuk memenuhi kebutuhan setempat di pelbagai negara, seperti misalnya : berbagai jenis sekolah, asrama mahasiswa, unversitas, klinik, dsb. yang ditujukan untuk umum guna memenuhi kebutuhan setempat tanpa perbedaan suku, bangsa, agama atau kedudukan. “ Proyek-proyek itu muncul dimana-mana dengan spontan. Banyak orang baik hati di seluruh dunia berkata kepada kami ‘inilah atau itulah yang dibutuhkan’. Dan kemudian, bekerja sama, proyek-proyek itu menjadi satu kenyataan dan membawa hasil yang baik. Tetapi karya-karya itu berbeda di setiap negara menurut kebutuhan setempat. Walaupun kadang-kadang nampaknya sama, sebenarnya tidak, karena ciri-ciri dan situasi orang berbeda-beda. 

“Tuhan memanggil kita melalui apa yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari: melalui penderitaan dan kebahagiaan dari orang-orang serumah,  melalui pergaulan dengan teman-teman sekerja, atau melalui hidup kekeluargaan kita. Tuhan juga memanggil kita melalui masalah-masalah besar, konflik-konflik dan tantangan-tantangan pada setiap periode dalam sejarah yang menggerakkan upaya dan idealisme dari sebagian besar umat manusia. Mudah dimengerti bahwa orang-orang yang memiliki jiwa kristiani merasa tidak sabar, khawatir dan gelisah untuk segera bertindak melawan ketidak-adilan yang dapat terjadi karena keburukan hati manusia”

“Dibawah ini beberapa contoh dari proyek-proyek yang di usulkan langsung oleh santo Josemaria, atau proyek yang didirikan menurut teladan dan ajarannya

http://www.josemariaescriva.info