Kooperator: Sebuah dian menyala

Sebuah brosur baru berisi 46 halaman tentang Kooperator Opus Dei sekarang sudah tersedia dalam format PDF. Pada website ini juga mulai diadakan satu bagian khusus bagi para Kooperator.

Dari Prelatur Opus Dei

Kantor Informasi Opus Dei telah membuat publikasi ringkas yang menjelaskan apa itu seorang Kooperator Opus Dei, bagaimana cara dia dapat memberikan bantuan serta dibantu, dan bersamaan dengan itu juga dalam publikasi ini dapat dibaca beberapa kesaksian dari orang-orang di seluruh dunia. Untuk mengunduh brosur PDF ini [dengan bahasa Inggris], silakan klik di sini . Website ini juga menghadirkan satu bagian baru untuk para Kooperator. Bagian ini dapat diakses dengan mengklik tulisan KOOPERATOR yang terdapat di kolom sebelah kiri dari homepage di bawah tulisan TENTANG OPUS DEI.

Di bagian Pembukaan pada brosur KOOPERATOR ini, Prelat Opus Dei menulis: Pada salah satu perumpamaan yang terdapat dalam Injil, sebuah dian yang menyala itu melambangkan cahaya Iman yang dimanifestasikan dalam bentuk pekerjaan baik. (Mat 25:1-13)

Dunia selalu akan membutuhkan orang-orang yang membawa cahaya Kristus kepada orang lain; mereka yang menabur kedamaian dan sukacita lewat tindakan Kasih. Bapa Prelat memohon kepada Allah, Tuhan kita agar tiap Kooperator ini juga dapat menghadirkan suasana damai dan penuh pelayanan pada masyarakat saat ini lewat tindakan dan perbuatan mereka. Syukur kepada Allah bahwa di seluruh dunia sudah tampak banyak hasil Karya, baik yang bersifat pendidikan maupun sosial kemasyarakatan yang telah muncul lewat bantuan para anggota Opus Dei, para Kooperatornya dan juga banyak orang lain yang berkehendak baik. Dalam tahun-tahun mendatang, beberapa inisiatif lainnya juga tengah dirancang dan akan menjadi kenyataan yang tujuannya adalah untuk melayani berbagai kebutuhan spesifik daerah setempat, bagi kepentingan budaya dan kehidupan rohani masyarakat.

Dalam doa saya setiap hari bagi para Kooperator tsb, seperti juga doa yang dilakukan oleh semua anggota Opus Dei, saya (Prelat Opus Dei) memohon kepada Allah agar membalas pertolongan yang mereka berikan, dan agar Allah mengarahkan mereka untuk bisa makin memahami lebih dari Kebenaran yang disampaikan Kristus. Di bawah ini ada beberapa pertanyaan dan jawaban mengenai Kooperator yang ada dalam brosur tsb:

Apakah itu seorang Kooperator Opus Dei?

Kooperator adalah pria dan wanita yang, tanpa menjadi bagian dari Prelatur Opus Dei namun, membantu berbagai kerasulan Opus Dei lewat berbagai macam cara. Untuk menjadi seorang Kooperator, seseorang tidak diharuskan adanya satu Panggilan khusus. Seorang Kooperator biasanya adalah anggota keluarga, para sahabat dan rekan kerja dari seorang anggota Opus Dei; atau orang-orang yang telah merasakan manfaat rohani dari kerasulan yang dilaksanakan Opus Dei atau mereka yang menyadari besarnya tanggung jawab pengembangan kemanusiaan dan kemasyarakatan yang dijalankan lewat berbagai Karya kerasulan Opus Dei. Kooperator tidak harus seorang Katolik, juga tidak harus seorang Kristen atau bahkan bisa juga adalah seorang yang tidak mempraktekkan suatu iman tertentu.

Apakah yang diharapkan dari seorang kooperator Opus Dei?

Sampul dari brosur tentang Kooperator.

Kooperator berkomitmen untuk bekerjasama baik secara rohani maupun secara material dengan berbagai inisitiatif kerasulan yang diselenggarakan Opus Dei. Bantuan rohani dari mereka kepada Opus Dei dapat berupa doa, harian bila memang mungkin, bagi Opus Dei dan berbagai program kerasulan yang diadakannya. Bantuan material bisa berupa keikutsertaan mereka dalam karya-karya kerasulan Opus Dei atau bisa juga melalui sarana kontribusi finansial. Sebagai tambahan, bila memang mau, mereka dapat membantu Opus Dei dengan ikut berpartisipasi dalam sarana pembinaan Iman Kristiani yang ditawarkan Opus Dei.

Keuntungan apa yang diterima oleh para Kooperator?

Para anggota Opus Dei berdoa setiap hari bagi semua orang yang membantu atau yang telah memberikan bantuan kepada Prelatur dengan cara apapun. Tambahan lagi, pada beberapa kesempatan tertentu para Imam dari Prelatur Opus Dei juga mempersembahkan Misa bagi jiwa-jiwa para Kooperator yang telah meninggal dunia. Juga, Tahta Suci telah menganugerahkan sejumlah Indulgensi yang bisa diperoleh para Kooperator pada hari-hari tertentu di sepanjang tahun, dengan tetap memperhatikan berbagai persyaratan yang ditetapkan oleh Gereja bagi seseorang untuk memperoleh sebuah Indulgensi. Mereka juga berhak mendapatkan Indulgensi saat mereka memperbaharui komitmen mereka sebagai Kooperator.

Bagaimana seseorang menjadi Kooperator Opus Dei?

Dalam brosur ini terdapat berbagai kesaksian dari beberapa Kooperator di seluruh dunia.

Vikar regional Opus Dei di suatu wilayah menunjuk sebagai Kooperator seseorang yang menginginkan dirinya menjadi Kooperator, lewat usulan dari seorang anggota Prelatur. Setelah usulan tersebut disetujui, yang bersangkutan akan diberitahu; dia menjadi Kooperator pada tanggal saat penetapannya sebagai Kooperator tersebut dinyatakan. Pada hari itu juga seorang Kooperator yang beriman Katolik dapat mendapat Indulgensi penuh, berdasarkan syarat dan ketentuan yang ditetapkan oleh Gereja bagi seseorang untuk mendapatkan Indulgensi.