Novena Bunda Maria Dikandung Tanpa Dosa

Santo Josemaria selalu ingin terus menghidupi devosi pada Bunda Maria ini lewat doa Novena dalam rangka menyambut Peringatan Bunda Maria dikandung tanpa Noda Dosa yang jatuh pada tanggal 8 Desember. Berikut ini beberapa tulisan yang bermanfaat untuk menghidupi Novena ini.

Bunda Maria

Dogma Bunda Maria dikandung tanpa noda dosa

Paus Pius IX menetapkan perayaan ini pada waktu beliau memaklumkan dogma ini pada tanggal 8 Desember 1854. Dalam definisinya, Beliau menyatakan arti yang tepat dari kebenaran “Maria dikandung tanpa noda dosa" dan menguatkan iman Gereja yang berkesinambungan: bahwa Maria dikandung bebas dari noda dosa asal. Pesta ini telah dirayakan oleh Gereja Timur sejak abad ke delapan dan satu abad kemudian juga dirayakan di banyak tempat bagian Barat. Hak istimewa Maria ini adalah buah yang terindah dari Karya Penebusan Putranya. Dipilih sebagai Bunda Penyelamat, Maria menerima keuntungan-keuntungan dari penyelamatan sejak saat pertama dia dikandung. Kristus datang untuk menghapus dosa umat manusia; Dia tidak mengijinkan dosa menodai Maria. Kekudusan Bunda Suci kita adalah teladan bagi semua umat Kristiani. Kita mohon perantaraannya untuk melepaskan diri dari dosa-dosa kita dan mencapai kekudusan.

· Memahami Bunda Maria, merenungkan kehidupan sucinya

· Rajin berdoa Rosario, mohon Bunda mendoakan kita

· Melakukan kebaikan dan mempersembahkannya pada Bunda untuk penebusan dunia

Hari Pertama : Maria adalah ciptaan Tuhan yang paling sempurna

Dia adalah wadah rahmat Ilahi, penuh rahmat, melebihi para Kudus, tetapi menjalani kehidupan yang biasa. Bunda Maria adalah makhluk ciptaan, tidak ada bedanya dengan diri kita, suka dukanya, beban gundah gulana. Sebelum malaikat Gabriel mewartakan rencana Allah, Bunda Maria tidak mengetahui bahwa dia telah terpilih sebagai Bunda Penebus sejak dari kekekalan. Pandangan pada dirinya adalah seorang makhluk ciptaan yang papa, oleh sebab itu dia dapat dengan rendah hati berkata : “Yang Maha Kuasa telah melakukan perbuatan² besar kepadaku"

· Rosario : Peristiwa Sedih

· Persembahkan : Di jalan, di gereja, di rumah pada waktu melihat gambar Bunda Maria layangkan pandangan penuh cinta dan daraskan pujian penuh cinta

Hari Kedua : Maria mengidungkan cinta Allah

Tuhan memperhatikan semua ciptaan-Nya, sampai pada ciptaan-Nya yang terkecil sekali pun, apa yang kamu dan aku miliki, Dia telah memanggil kita dengan nama kita masing². Iman kita meneguhkan kenyataan ini, sehingga kita dapat meneliti hal² di sekitar kita dengan cara pandang yang baru, sehingga apa yang kelihatannya biasa saja menjadi tidak sama lagi, karena semuanya ini telah menjadi ungkapan cinta Allah. Dengan demikian, hidup kita menjadi suatu doa yang tak henti²nya, dan dengan semacam rasa humor serta damai yang tidak berkesudahan, apapun yang dikerjakan berubah menjadi rasa syukur. Jiwaku memuliakan Tuhan, Maria berkidung: Hatiku bergembira karena Allah, Juruselamatku, sebab Ia telah memperhatikan kerendahan hamba-Nya. Sesungguhnya, mulai sekarang segala keturunan akan menyebut aku berbahagia.

· Rosario : Peristiwa Gembira

· Persembahkan: Kurban² kecil yang tidak diperhatikan oleh orang lain, terutama hal² yang biasanya saya sendiri paling tidak suka mengerjakannya.

Hari ketiga: Maria bersama Yusuf dan Yesus melarikan diri ke Mesir

Maria membantu kita melihat bahwa untuk mendekati Tuhan kita harus menjadi seperti anak kecil. Seperti apa yang dikatakan oleh Kristus kepada murid²-Nya : “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika kamu tidak bertobat dan menjadi seperti anak kecil ini, kamu tidak akan masuk ke dalam Kerjaan Surga."

Untuk menjadi seperti anak kecil kita harus mencampakkan keangkuhan dan kemandirian diri kita sendiri. Kita harus dapat memahami bahwa sendirian kita tidak dapat melakukan apa². Kita harus menyadari bahwa kita memerlukan rahmat dan bantuan Allah Bapa kita untuk menemukan jalan kita dan menelusurinya. Dengan menjadi kecil, engkau harus memasrahkan diri seperti anak², percaya seperti anak² percaya, meminta seperti anak² meminta.

· Rosario : Peristiwa Mulia

· Persembahkan: Kunjungan pada orang yang kesepian dan membagi dengannya kebahagiaan mengandalkan Tuhan dengan sepenuhnya.

Hari Keempat: Doa Maria

“Marilah kita mohon pada Perawan Suci agar menjadikan kita komtemplatif, mengajak kita untuk mengenali panggilan Allah yang terus menerus di pintu hati kita. Sekarang marilah kita mohon padanya: Bunda, engkau membawa Yesus yang mewahyukan cinta Allah Bapa ke dunia ini. Bantulah kami untuk mengenali-Nya di dalam hingar-bingar kehidupan harian kami. Alihkan pikiran dan kehendak kami agar kita dapat mendengar suara Tuhan dan panggilan rahmat"

· Rosario : Peristiwa Gembira

· Persembahkan : Komuni

Hari Kelima: Maria adalah jalan satu²nya menuju Yesus

“Maria selalu memberikan bantuan yang tak ternilai dengan membawa mereka yang mendekat padanya dan merenungkan kehidupannya, ke salib dan membuat mereka berhadapan muka dengan teladan Putra Allah. Di dalam pergelutan inilah kehidupan Kristiani ditentukan. Dan di sini Maria menjadi perantara kita agar kelakuan kita dapat ditujukan pada rekonsiliasi dari sang adik – engkau dan saya – dengan Putra sulung Bapa"

“Banyak pertobatan, banyak keputusan untuk menggerakkan diri dalam pelayanan Tuhan didahului oleh pertemuan dengan Maria. Bunda Maria selalu mendorong kita untuk mencari Tuhan, untuk mendambakan perubahan, untuk menjalani hidup baru".

· Rosario : Peristiwa Sedih

· Persembahkan : Beri kata² yang baik kepada orang² di sekitar kita

Hari keenam : Maria adalah Bunda pencinta keadilan

“Sumber hidup Maria adalah cinta kasihnya. Suatu cinta kasih yang sempurna, sedemikian sempurna sehingga dia melupakan diri sendiri dan selalu bergembira di mana pun Tuhan menghendaki dia berada, mengemban dengan sepenuh hati apa yang Tuhan ingin dia laksanakan. Itulah sebabnya bahkan tindakannya yang sekecil apapun tidak pernah adalah kebiasaan atau sia-sia, melainkan penuh dengan arti. Maria, Bunda kita, adalah bagi kita contoh dan juga jalan. Kita harus berusaha menjadi seperti dia dalam kehidupan yang biasa yang diinginkan Tuhan untuk kita".

· Rosario : Peristiwa Mulia

· Persembahkan : Doa tiga Salam Maria pada malam hari sebelum tidur dan daraskan setiap Salam Maria dengan lebih penuh cinta pada Bunda Maria

Hari ketujuh : Bunda Maria naik ke Surga

“Maria telah diangkat ke Surga dengan jiwa dan raganya, dan para malaikat bersukaria. Aku juga dapat membayangkan kegembiraan hati St. Yusuf, mempelainya yang amat suci, yang menantikannya di Firdaus. Tetapi apakah jadinya dengan kita yang masih di dunia ini? Iman kita mengatakan bahwa di dunia ini, dalam kehidupan kita sekarang, kita adalah peziarah, pengembara. Bagian kita adalah pengurbanan, penderitaan dan kekurangan. Walau demikian, kegembiraan haruslah menjadi irama dari langkah² kita"

· Rosario : Peristiwa Terang

· Persembahkan : Senyum pada mereka yang mencela kita atau berprasangka terhadap kita

Hari kedelapan : Maria adalah contoh untuk kehidupan sehari-hari kita

“Janganlah kita lupa bahwa Maria menjalani hampir semua hari-harinya sama seperti berjuta-juta wanita lain yang mengurusi keluarga mereka, membesarkan anak-anak dan mengatur rumah tangga. Maria menyucikan peristiwa² hariannya – apa yang orang² salah tafsirkan sebagai hal yang tidak penting dan tidak berarti; tugas harian, melayani orang² yang terdekat padanya, mengunjungi sahabat² dan sanak saudara. Betapa terberkatinya hal² yang biasa ini, yang dapat menjadi penuh dengan cinta Allah!"

· Rosario : Peristiwa Sedih

· Persembahkan : Suatu pelayanan bagi orang yang terdekat dengan kita

· Persiapkan diri untuk Perayaan besok dengan melakukan Pengakuan Dosa dan mohon Tuhan membersihkan jiwa kita

Hari kesembilan: Maria yang terkandung tanpa noda dosa

“Apa yang akan kita lakukan bila kita dapat memilih ibu kita sendiri? Saya yakin kita akan memilih ibu yang kita miliki, meriasnya dengan segala rahmat yang mungkin. Itulah yang dilakukan oleh Kristus. Dia adalah yang Mahakuasa, Mahabijaksana, Cinta itu sendiri. Kekuasaan-Nya menjadikan kehendak-Nya terlaksana. Oleh sebab itu Dia menganugerahkan Bunda-Nya rahmat yang tersendiri. Bunda-Nya bebas dari kuasa Iblis. Bunda-Nya dibuat-Nya cantik, tanpa noda dan murni jiwa raganya".

· Rosario : Peristiwa Gembira

· Persembahkan : Diri kita bersama dengan Yesus, pada waktu menerima Komuni

Bunda Maria telah membantu kita mendekat pada Tuhan hari-hari ini. Sembilan hari ini telah selesai, maka kita akan memasuki minggu kedua masa Adven.

ita harus mengandalkan Yesus,

Kita harus mengandalkan Yesus,

Melalui Bunda Maria,

Kita kembali ke dalam rangkulan Yesus"

Mengenal …..

Merenungkan …..

Meneladani …..

KEHIDUPAN BUNDA MARIA

Novena kepada Bunda Maria

yang dikandung tanpa noda dosa

(30 November – 08 Desember)

Tulisan² di bawah ini dikutip dari Daily Roman Missal diselingi dengan tulisan² St.Josemaria yang diambil dari “Kristus Sedang Berlalu"